.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

5 Langkah Atasi Stress Pada Wanita

5 Langkah Atasi Stress Pada Wanita

5 Langkah Atasi Stress Pada Wanita Pernahkah Anda mendengar bahwa dengan stres, sesungguhnya kita tengah menambah berat badan? Tentu pernyataan ini menimbulkan tanda tanya. Benarkah? Bisakah wanita benar-benar mendapatkan lemak dari sedang stres? Jika Anda pergi tanpa makan selama satu hari, tetapi stres sepanjang waktu, apakah itu berarti Anda akan menambah berat badan?

5 Langkah Atasi Stress Pada Wanita
Kedengarannya tidak masuk akal. Tapi itu benar! Kenapa bisa begitu?

Kortisol adalah hormon kortikosteroid yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal dalam korteks adrenal Anda. Kortisol sendiri sebenarnya “berfungsi” meningkatkan tekanan darah dan gula darah, memecah lemak dan protein, bertindak sebagai diuretik hormon air (menyebabkan dehidrasi), secara fisik menggerogoti pusat-pusat kesenangan otak (produsen norepinefrin, epinefrin, serotonin, dan dopamine). Jadi, kortisol memang ada dan memang berbahaya bagi tubuh jika dibiarkan.

Lalu, ketika bagaimana wanita merasa stres?

5 Langkah Atasi Stress Pada Wanita


Penelitian telah menunjukkan bahwa kebanyakan wanita lebih stres dari yang mereka pikir. Dalam perekonomian modern saat ini, di mana wanita menjadi lebih mungkin untuk lebih mandiri dan bahkan memulai bisnis mereka sendiri, pengusaha perempuan sering dihadapkan dengan beberapa tingkat stress. Seperti persoalan penitipan anak, keuangan rumah tangga, ketenangan pikiran, berbagi kewajiban keuangan dengan pasangan, dan hambatan lain seperti menciptakan lebih banyak stres bagi wanita yang sudah memiliki usaha.

Tanda-tandanya dapat berupa gangguan sulit tidur, sakit kepala, sembelit, diare, cepat marah, kurang energi, kurang konsentrasi, makan terlalu banyak, kemarahan, kesedihan, ketegangan, perut kram, kembung, depresi, masalah jantung, tekanan darah tinggi, sulit untuk hamil, diabetes, dan lain-lain.

Bagaimana mengatasi stres pada wanita?

Satu
5 Langkah Atasi Stress Pada Wanita
luangkan waktu untuk berolahraga yang mana gerakannya berfokus pada kesehatan otot dan pengambilan napas dalam. Ini membantu menghilangkan stres dan mengurangi berat badan. Kegiatan ini jelas lebih sehat daripada meminum pil yang penuh resiko kimiawi.

Dua
5 Langkah Atasi Stress Pada Wanita
miliki waktu personal. Sebagai wanita, kita cenderung “cenderung dan berteman”, untuk fokus pada kebutuhan orang lain di sekitar kita, bukan masalah langsung kita. Di malam hari, jadwalkan waktu untuk mandi dan rileksasi. Pada lain waktu, lakukan kegiatan yang menyenangkan hati Anda, seperti membaca buku, menjahit, atau menonton kartun yang humoris. Kenapa tidak?

Ketiga
5 Langkah Atasi Stress Pada Wanita
perawatan diri. Jika kita terus-menerus mengurus orang lain, kelak orang lain pun tidak terurus karena kita makin tidak terurus. Dapatkan nutrisi yang tepat, tidur, dan berolahraga secara teratur (atau setidaknya, ketika Anda bisa) akan membuat semua perbedaan pada tingkat energi Anda, kesehatan secara keseluruhan, dan ketajaman, bahkan mental!

Keempat
5 Langkah Atasi Stress Pada Wanita
bicara dengan teman Anda. Redakan masalah dan tensi dengan mengeluarkan unek-unek Anda pada teman. Lihat bagaimana nasihat dari orang lain “terdengar ajaib”, seolah-olah kita belum pernah mengetahuinya. Manusia memang butuh second opinion.

Kelima
5 Langkah Atasi Stress Pada Wanita
menangis. Jika memang sudah tidak tahan, kenapa Anda tidak menangis? Kadang-kadang, menangis sejadi-jadinya adalah semua yang diperlukan untuk menyingkirkan apa pun ganjalan di hati. Secara emosional, diri kita akan jadi lebih lapang dengan melakukannya. [diolah dari bodybuilding.com]

0 komentar:

Post a Comment