.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Agar Begadang Tak Ganggu Kesehatan


Agar Begadang Tak Ganggu Kesehatan
Agar Begadang Tak Ganggu Kesehatan. Bagi para pekerja kantoran, kata “lembur” atau “begadang” bukanlah hal yang asing lagi. Bertumpuknya pekerjaan yang melelahkan mengharuskan mereka menyelesaikannya hingga larut malam, bahkan sampai tidak tidur.

Hal ini juga banyak dialami oleh para mahasiswa atau orang-orang yang bekerja dalam deadline. Petugas siskamling atau juga orang-orang yang sering bangun malam untuk menonton tim kesayangannya bertanding di sebuah pertandingan sepak bola.

Bila begadang telah menjadi aktivitas yang sering Anda lakukan, maka baiknya perhatikan betul kondisi tubuh Anda. Alih-alih menyelesaikan tugas, tubuh Anda malah diserang beragam penyakit yang justru menghambat produktivitas Anda, seperti: masuk angin, flu, demam, dan sakit kepala.

Berikut beberapa hal yang dapat membantu Anda untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit meski sering begadang:

Tidur Siang yang Cukup
Jika Anda telah berencana untuk begadang mala mini, maka pastikan esok hari Anda memiliki waktu tidur yang cukup. Tidur siang yang cukup dapat mengembalikan energi Anda agar kembali fit menjalankan aktivitas Anda seperti biasa.

Tidur yang cukup tidak berarti harus 7 – 8 jam. Yang terpenting bukanlah berapa lama Anda tidur, tetapi tingkat kualitas tidur Anda. Ada orang yang sehari hanya tidur 4 – 5 jam sehari, namun tubuhnya tetap fit.

Lakukan Olahraga Ringan
Agar Begadang Tak Ganggu Kesehatan
Selain tidur siang yang cukup, Anda juga perlu menambah kegiatan lain seperti berolahraga yang ringan. Anda dapat pergi untuk berlari pagi, bersepeda, atau yoga. Bahkan sesekali Anda juga perlu mengikuti outbond atau hiking. Ketika sedang begadang pun Anda bisa saja melakukan push up sebanyak 50 kali untuk mengusir rasa kantuk.

Fisik yang kuat akan membentuk tubuh yang lebih aktif dan tidak mudah mengantuk karena sistem peredaran darah Anda menjadi lancar.

Pilih Makanan Sehat
Agar Begadang Tak Ganggu Kesehatan
Makanan yang sehat bisa membuat badan segar dan fit sepanjang waktu. Anda bisa memilih kudapan yang segar dan sehat seperti salad, buah dan sayur kukus. Hindari makanan yang mengandung banyak gula, lemak dan karbohidrat karena justru malah membuat Anda semakin mengantuk saat malam hari. Sekadar untuk mencegah timbulnya rasa kantuk, Anda bisa menambahkan merica, cabai ataupun saus namun sedikit saja. Buah dan sayur memang tergolong makanan sehat yang bisa dikudap oleh mereka yang harus lembur semalaman.

Minum Kopi
Agar Begadang Tak Ganggu Kesehatan
Pilihan yang satu ini merupakan hal yang dapat membantu Anda tetap terjaga. Kandungan kafein dalam kopi terkenal dapat menahan rasa kantuk. Namun, perhatikan seberapa banyak kopi yang Anda minum. Jangan Anda menjadi ketergantungan terhadap kopi, karena bagaimana pun kafein dalam kopi dalam takaran tertentu dapat membuat jantung berdetak sangat cepat bahkan sampai membuat gagal jantung. [diolah dari beberapa sumber]

0 komentar:

Post a Comment