.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Padang dan Keajaiban Wisatanya


Padang dan Keajaiban Wisatanya. Ada beberapa destinasi wisata di Padang yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Berikut referensinya:
Danau Singkarak
Danau ini adalah yang terbesar di Padang. Panjangnya 21 km, Singkarak berlokasi di pinggir jalan raya Padang Panjang – Solok. Bagi Anda yang ingin bersantai, ada fasilitas penginapan di sekitarnya. Bagi yang mau mengelilingi danau, tersedia pula perahu yang jasanya dapat digunakan.

Danau Maninjau
Lokasinya, kurang lebih, 36 km dari kota Bukittinggi. Indah, menarik, dan mempesona. Untuk sampai di danau ini, Anda akan melewati kelokan yang terkenal bagi urang minang, yaitu Kelok 44 (Kelok Ampek-ampek). Di Maninjau, selain berenang, Anda bisa memancing, bersepeda. Bagi yang mau menginap, ada pula hotel dan homestay yang relatif representatif.

Danau Di Atas dan Di Bawah
Dikenal dengan nama: Danau Kembar. Letak dua danau ini ada di desa Pasar Simpang, yang masuk kecamatan Lembayang Jaya, Kabupaten Solok. Bila Anda dari kota Solok, jarak yang perlu ditempuh mencapai 47 km, dan 56 km bila dari Kota Padang. Uniknya danau ini adalah cara mencapainya. Untuk sampai ke Danau Di Atas, Anda harus melalui jalan menurun. Sebaliknya, untuk sampai ke Danau Di Bawah, Anda harus lewat jalan mendaki. Pemandangan di sekitar danau dihiasi pohon-pohon markisa, kentang, dan sayur-sayuran.

Jam Gadang
Bangunan ini adalah jam khas Padang. Pada bagian puncaknya, jam ini beratap khas rumah-rumah Minangkabau. Sebagai landmark dan lambang kota Bukittinggi, jam ini ada di tengah kota. Kota ini sendiri dibangun oleh Contraleur (Sekretaris Kota) Rook Maker di atas bukit “Kandang Kerbau” di zaman Pemerintahan Belanda, tepatnya tahun 1827. Jika kita naik ke menara jamnya, kita bisa melihat alam sekitar kota Bukittinggi, yang mana dikelilingi gunung-gunung. Antara lain: gunung Merapi, Singgalang, Sago, dan Ngarai Sianok. Apalagi yang unik dari Jam Gadang? Angka 4 tertulis IIII, bukan IV.

Lembah Anai
Lingkungannya amat menakjubkan. Lebatnya hutan tropis sekaligus berfungsi sebagai hutan lindung, bersinergi dengan pemandangan sungai Batang Anai. Air segarnya bening, dilengapi dengan air terjun setinggi 40 meter.

Embun Pagi
Daerah ini memang bernama Embun Pagi. Lokasinya terletak sebelum Danau Maninjau, persisnya di desa Padang Gelanggang. Jarak tempuhnya mencapai 24 km bila dari kota Bukittinggi. Dari Embun Pagi, Anda akan dimanja oleh udara yang sejuk, dan tentunya pemandangan Danau Maninjau yang seolah berwarna kebiruan. Belum lagi bukit-bukit di sekitarnya yang hijau.

Ngalau Indah
Ngalau Indah adalah gua alam alami, dengan pemandangan stalagnit di langit-langitnya. Di dalamnya, terdengar suara-suara kelelawar. Tempat ini terletak 2 km sebelum kota Payakumbuh dan dikelilingi oleh pohon-pohon besar, rindang, dan pemandangan alam yang menawan.

Lembah Harau
Cagar alam di Padang ini diperkaya dengan kehadiran bukit kapur nan curam. Tinggi bukit ini diperkirakan 100 sampai 150 meter. Ada pula 5 air terjun yang menambah asyik suasana. Bagi Anda yang ingin berkemah, ada fasilitas berkemah bagi wisata remaja dan jasa mengelilingi Lembah Harau dengan jalan setapak. [diolah dari pekanbaru.tribunnews.com] 

0 komentar:

Post a Comment